Apa seh manfaat Facebook???

Jika anda sehari-hari berkecimpung di internet, mungkin anda sudah sangat akrab dengan situs jejaring sosial (social media network) semacam Facebook, Friendster, Myspace, Twitter, atau yang bisa “menghasilkan uang” semacam Yuwie. Apa sebenarnya manfaat (nyata) bagi anda bergabung dengan situs-situa tersebut ?

Saya pribadi, tidak berharap banyak dengan bergabung di berbagai situs social media tersebut. Sebelum menikah, aku sangat aktif di Friendster dengan harapan, kali aja menemukan sosok yang tepat sebagai pendamping. Meskipun sempat 2 kali menjalin LDR (Long Distance Relationship) lewat media Friendster, ternyata jodohku tidak jauh-jauh, sudah disediakan oleh Yang Maha Kuasa untukku. Setelah menikah, dan sekarang punya satu anak perempuan yang lucu, kegiatan di Friendster sudah sangat jauh berkurang. Hanya sesekali login dan promosiin blog disana.

Ketika demam Facebook melanda hampir semua kalangan, aku pun ikut membuat account. Hanya saja sebatas itu. Tidak ada optimasi, tidak ada tindak lanjut lain. Sampai suatu ketika salah seorang teman waktu kuliah dulu menanyakan alamat Facebook-ku. Ketika aku mulai agak intens “terlibat” dengan Facebook, aku kepikiran untuk mencari teman-teman lama waktu kuliah dan KKN dulu yang lama tidak terdengar kabar beritanya. Luar biasa, banyak teman-teman itu yang aku temukan di sana, sehingga kami bisa kembali menjalin kontak. Inilah manfaat Facebook, terjalin dengan teman di berbagai penjuru dunia. Aku juga bisa mempromosikan artikel blog lewat FB.

Twitter, sebenarnya aku tidak terlalu berminat. Selain hanya menyediakan 140 karakter untuk update, waktuku juga sudah cukup padat tersita sehingga tidak bisa intens menggunakan Twitter. Hanya saja kemudahan dukungan untuk update (termasuk update blog) dan dukungan yang besar terhadap twitter, membuat aku juga “terpaksa” bikin account. Apalagi ada iming-iming monetise profil twitter lewat TwittAd. Syaratnya, kita banyak mempunyai follower di Twitter.

Yang terakhir, Yuwie merupakan social media yang menawarkan pembagian keuntungan. Inilah magnet utama buatku (mungkin juga buat kebanyakan anggota) untuk bergabung. Jika semua aktifitas berteman kita di Friendster “tidak dihargai” secara materi, berbeda dengan di Yuwie dimana kita akan mendapatkan poin untuk setiap aktifitas. Poin ini di akhir bulan akan dikonversi menjadi pembagian keuntungan. Sayang aku belum pernah memperoleh hasil yang diharapkan karena memang aku kurang intens menekuninya, meskipun punya lumayan banyak referal dari blog yang aku buat khusus untuk Yuwie.

Hanya 4 situs jejaring media itu saja yang lumayan aku tekuni. Sebenarnya, ada situs lain seperti Myspace, Hi5, dan lain-lain yang bisa diikuti. Semuanya menawarkan kebaikan masing-masing. Aku hanya menyesuaikan dengan tren dan juga kebutuhan.

Bagiku, manfaat facebook, friendster, yuwie, twitter, dan situs sejenis adalah untuk berhubungan dengan teman di berbagai belahan dunia. Tetap terkoneksi dengan teman adalah hal utama, sedangkan manfaat sampingannya, kita dapat mempromosikan blog atau mungkin bisnis kita, dan ,syukur-syukur bisa memperoleh keuntungan finansial (hehe…)

Jadi, apa pendapat anda tentang manfaat facebook, friendster dan situs jejaring sosial lainnya ?

Leave a Reply

